Lanjut ke konten

8 ALASAN MENGGUNAKAN TWITTER

Februari 19, 2015

Diolah oleh @endykurniawan dari twit @subiakto

1. MENGELOLA KOMUNITAS
Twitter bisa menjembatani komunitas teknologi, olahraga, kesehatan, cinta, dll. Mereka terhubung, saling sharing informasi real time
Bagi korporasi atau brand, dekati lalu bangun komunitas yang terkait produk / brand. Berikutnya di ‘utilize’ kemudian dijadikan customer

2. PERSONAL BRANDING & NETWORKING
Lewat Twitter bisa sharing foto, link ke website/blog, berbagi gagasan, ide kreatif dan pengalaman pribadi
Twitter bisa jadi awal untuk menciptakan personal brand di dunia digital melalui CCS : content, character dan style
Pengguna Twitter datang dari berbagai kalangan (politis, artis, pemimpin sosial, pemilik perusahaan, orang yang punya banyak modal, eksekutif, profesional). Bisa jadi mereka penting buat masa depan kita. Kesempatan untuk ber-networking
Karena sama2 ‘pekerja twitter’, ajaibnya mrk mudah didekati vi Twitter. Kalau berkenan mereka tdk segan-segan ngajak kopdar. Nah, peluang terbuka

3. PENYEBARAN GAGASAN & MENDAPATKAN DUKUNGAN
Punya gagasan? Sampaikan melalui twit. Bila menarik akan mendapat respons berupa reply atau retweet
Bahkan jika belum berbentuk gagasan, pemilik akun Twitter bisa melontarkan kegalauan atau sekedar sharing dan akan menyebar cepat di situs mikroblogging
Jika banyak yg merespons, kegalauan bisa berubah menjadi gagasan. Jika gagasan diterima, maka bakal punya banyak follower yang berpotensi jadi komunitas. Makin sering terjadi interaksi, makin solid komunitas itu.
Informasi tersebar sangat cepat di Twitter lewat respons reply dan retweet. Ini membuat Twitter media real time untuk menyebar gagasan dan mendapatkakn dukungan
Di twitter gak selalu serius. Yang gak penting bisa jadi penting. Hal kecil bisa jadi besar. Buktinya akun galau justru followernya jutaan

4. TRAFFIC
Twitter mampu menciptakan traffic besar & cepat yg bisa dioptimalkan sebagai alat pengumpan ke blog/ situs pribadi/ korporat
Posting hal-hal menarik akan memancing penasaran follower. Berikan link buat diakses follower. Link yg mengarah pada blog/ situs yang kita miliki. Kita follower berinteraksi/ berkontribusi lebih kuat disana

5. RESPON
Twitter menghasilkan respons yang instant. Reply maupun retweet. Keduanya akan membuat tweet kita ter-ekpose ke folower mereka sehinga respon bisa lebih meluas
Respons menandakan bahwa tweet kita menarik minat (atau unik dimata) follower dan menganggapnya layak di share ke follower mereka

6. CUSTOMER SERVICE
Perusahaan/ brand bisa lebih dekat dengan pelanggan. Buat akun Twitter perusahaan. Jangan satu arah. Buatlah dialog
Akun perusahaan jangan ngetweet satu arah seperti robot. Gunakan bahasa bicara seperti dengan teman. Buka dialog dan akrablah dengan customer

7. SURVEY/ MENDENGAR PASAR
Perusahaan/ pebisnis bisa memanfaatkan follower di Twitter untuk melakukan survei pasar, mendengar sentimen tentang produk
Sentimen adalah nada bicara masyarakat tentang produk kita, bisa positif, netral dan negatif
Sentimen bisa digunakan untuk memberikan feedback kepada produk supaya melakukan pengembangan/ modifikasi
Perlu diingat respons dari tweeps banyak yg asbun alias asal bunyi. Harap berhati-hati menarik kesimpulan survey lewat twitter

8. GO GLOBAL
Twitter diakses lewat internet. Jangkauannya global. Twitter bisa digunakan brand untuk menjangkau pelanggan global dan menciptakan awareness global
Untuk mendapatkan eksposure global, kita harus berani ‘menyentuh’ akun-akun globalwide, menggunakan isu-isu global dan berbahasa global

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: